“Aduh, ini apalagi sih?”…. terus terang itulah reaksi pertama saya ketika pertama kali mendengar Lokakarya Rahasia Berjalan Alami (RBA) di Bali. Karena itu, baru setahun kemudian saya mendaftarkan diri untuk ikut LK RBA, dan alasannya pun lebih karena saat itu saya sedang mengalami masalah kesehatan.

Sekembalinya dari “road trip” yang sangat panjang, saya mengalami Lumbago, yaitu gangguan nyeri pinggang akut, yang mengakibatkan saya tidak bisa beraktifitas seperti biasa dan rasanya sangat sakit.  Dokter menyarankan agar saya “bed rest” dan tidak melakukan banyak gerakan. Selama seminggu seorang terapis didatangkan untuk membantu agar saya dapat berjalan. Saya juga diharuskan untuk memakai semacam ikat pinggang khusus dan mengkonsumsi obat-obatan untuk meringankan rasa sakit. Namun demikian,semua pengobatan itu tidak benar-benar dapat menyembuhkan penyakit saya.

Kali ini saya tidak berpikir dua kali ketika tidak lama kemudian ada pengumuman LK RBA di LA, bahkan saya sangat antusias dan langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti semua LK yang ditawarkan, dari mulai RBA 1, RBA Intensive dan Instruktur.

Singkat cerita, walaupun pada awalnya saya sempat merasa sakit di bagian yang bermasalah dan kesulitan dalam melakukan kunci 1 dan 3 dengan baik, namun setelah beberapa hari menjalani LK, saya sudah tidak merasakan lagi keluhan-keluhan dari penyakit saya. Puji syukur Tuhan, hingga kini setelah 3 tahun saya mengenal RBA, Lumbago saya sudah tidak pernah bermasalah lagi dan sejak saya mengikuti LK RBA tersebut, saya sudah mengucapkan selamat tinggal kepada ikat pinggang khusus itu.

Saya mengajar RBA karena ingin membagikan pengetahuan yang sangat bermanfaat ini kepada semua orang, apalagi mereka yang memang sedang mengalami masalah kesehatan.

City: Alice Springs

Status: Intermediate Instructor
Phone: +61400693731