*Diposting di Facebook John Benko tanggal Juli 21 at 10:08am
San Francisco, CA, United States 

Hampir dua tahun yang lalu saya  mulai berlatih apa yang sekarang saya percaya adalah latihan yang paling kuat, alami dan efektif yang pernah saya coba. Saya membuat pernyataan ini setelah menjadi pelari jarak jauh selama lebih dari 30 tahun, menyelesaikan lebih dari 10 maraton, beberapa triathlon (termasuk 2 Ironmans), pembelajaran tai chi, berlatih yoga setiap hari selama 8 tahun, dan menjadi guru yoga bersertifikat. Jadi apa latihan baru yang menakjubkan ini? Izinkan saya untuk memperkenalkan Anda pada Rahasia Berjalan Alami ® (RBA).  Inti dari “berjalan alami” ini merupakan realisasi mendalam bahwa tubuh adalah sebuah sistem yang menakjubkan yang jika ditangani dengan baik secara alami bisa menyembukan sendiri. Konsep ini jauh dari baru, karena banyak orang memang telah memiliki pemahaman bahwa tubuh memiliki kecenderungan untuk menyembuhkan diri sendiri. Misalnya, ketika anda memotong jari anda, jika anda mencuci luka dan menerapkan tekanan lembut untuk menghentikan pendarahan, tubuh akan menyembuhkan luka, bahkan terkadang sampai tidak terlihat bekasnya. Namun kebanyakan orang tidak menyadari bahwa banyak hal yang mereka lakukan pada tubuh mereka sesungguhnya menghambat kemampuan tubuh untuk menyembuhkkan diri sendiri. 

Berjalan adalah sesuatu yang kita, sebagai manusia, sering lakukan sebagai sarana utama mobilitas kita sehari-hari kita. Rata-rata orang berjalan sebanyak 3,000-10,000 langkah per hari. Jumlah ini berarti lebih dari satu juta langkah per tahun untuk sebagian besar orang! Berjalan adalah cara yang indah untuk melatih otot-otot, sambil membakar kalori dan mendapatkan udara segar. Banyak manfaat dari berjalan kaki yang sudah kita kenal. Namun, apa yang tidak diketahui adalah bahwa sebagian besar - jika tidak semua - orang menempatkan terlalu banyak tekanan pada sendi dan tulang mereka saat berjalan, sementara tidak melibatkan otot-otot yang tepat. Setelah mengambil ribuan langkah, perlahan-lahan tulang rawan di sendi kita mulai aus, kita hanya menggunakan beberapa otot-otot kita sementara yang lain mengalami Athropy (kaku dan hilang koordinasi). Berjalan yang tidak benar juga menimbulkan tekanan pada organ tubuh kita, dan menghambat meridian energi dan zona refleksi untuk penyembuhan diri kita dapat berfungsi dengan baik. Ini benar-benar menimbulkan akibat yang jelek pada tubuh kita, membuat kita kurang sehat dan memperpendek masa hidup kita. 

Dalam rangka untuk mengurangi keausan sendi, mengurangi degenerasi otot-otot, dan benar-benar mengaktifkan meridian energi dan zona refleksi di tubuh, kita perlu keselarasan dan keseimbangan dalam melangkah. Sama seperti diet gizi seimbang membantu tubuh manusia berkembang, berjalan dengan benar adalah sama pentingnya. Ada begitu banyak hal yang dapat terbantu dengan jalan alami, dan saya salah satu dari ribuan orang yang merupakan bukti hidup dari ‘keajaiban’ indah yang sudah dirasakan.

Sejak saya berusia sekitar 10 tahun, orang tua saya mulai melihat postur tubuh saya yang buruk. Sementara saya terus-menerus diingatkan untuk ‘meluruskan punggung’, Saya hanya bisa melakukannya selama beberapa detik, atau maksimal selama beberapa menit saja, sebelum kembali membungkuk yang menurut saya nyaman. Kelengkungan tulang belakang saya menjadi semakin jelek, sehingga orang tua saya mencoba beberapa hal untuk membantu, termasuk menggunakan  kawat bahu, pergi ke chiropractors, melakukan latihan tulang belakang sesuai petunjuk dokter, bergelantungan untuk waktu yang lama di tiang atau tangga gym, dan sebagainya. Sayangnya, tidak satu pun dari teknik itu bekerja, sehingga orang tua saya akhirnya menyerah. Pada usia yang sama, saya juga menderita asma, yang saya percaya agak terkait dengan kasus ringan kyphosis saya (sejenis scoliosis). Saya harus hidup dengan punggung membungkuk, yang tidak hanya tampak tak menarik tetapi menyebabkan beberapa julukan kurang menawan seperti “Quasimodo” atau ‘Si Bongkok dari Notredame’.

Setelah kuliah saya sangat terlibat dengan triathlon. Selama pelatihan dan acara saya, kembali saya sering sakit terutama saat bersepeda karena saya harus membungkuk kearah setang dan saya biasanya meletakkan beban pada bagian melengkung dari punggung. Saya akhirnya mendapat berbagai cedera kaki berulang ringan (kebanyakan dari berlari) dan memutuskan untuk mengambil istirahat dan fokus pada yoga untuk membantu memperkuat otot-otot. Saya sangat terlibat dalam yoga, mengambil kelas berat 90 menit per hari, menghadiri banyak retret yoga selama seminggu, akhirnya menyelesaikan sertifikasi pelatihan guru yoga. Yoga melakukan banyak hal untuk saya termasuk menjadikan saya lebih fleksibel, memperkuat kembali otot inti, dan meningkatkan keseimbangan. Saya mampu menjaga postur tubuh saya tegak karena otot punggung menguat dan fleksibilitas punggung bawah meningkat. Namun, tulang belakang saya masih melengkung, dan ketika saya lelah / malas untuk memakai otot punggung saya, postur saya kembali ke semula (bungkuk). 

Sekitar 2 tahun yang lalu, saya belajar tentang Rahasia Berjalan Alami di lokakarya sepanjang hari di mana saya belajar bagaimana untuk melatih tubuh saya berjalan dengan baik dan alami dengan menggunakan 6 kunci dimana kita membiarkan otot-otot di tubuh kita untuk terpakai secara alami tanpa memaksa menegangkan mereka. Di antara banyak hal yang dipelajari di lokakarya, salah satu pelajaran utama yang saya dapatkan adalah cara menggeser berat badan saat berjalan yang salah yang mendorong tulang belakang saya terlalu melengkung. Sekitar seminggu setelahnya, saya sudah melihat tulang saya mulai melurus secara alami, meskipun dalam prosesnya saya mengalami sedikit rasa sakit di bagian bawah/tengah tulang belakang saya dimana kyphosis saya mulai. Saat saya mengukur tinggi saya 3 minggu setelah lokakarya, ternyata tinggi saya bertambah 2,5cm!  Sekarang, setelah hampir 2 tahun secara teratur melakukan latihan RBA, tulang belakang saya adalah hampir normal dan hampir 5cm lebih tinggi!  

Tulang belakang saya menjadi lebih align secara alami.  Selain itu, otot-otot di perut, dada, dan punggung saya mulai muncul yang sebelumnya belum pernah saya alami.  Memang, RBA bekerja di hampir semua otot utama dalam tubuh.  Penglihatan saya juga telah meningkat 1,0 diopter di setiap mata. Mata kanan saya sebelumnya memerlukan lensa dengan -2,25 dan mata kiri saya lensa dari -2,0. Sekarang saya memakai kacamata dengan -1,25 di mata kanan saya dan -1.0 di mata kiri saya. Selain itu, rotasi luar kaki kanan saya telah diluruskan kembali ke posisi normal. Kesehatan / sistem kekebalan tubuh saya juga telah ditingkatkan sebagai frekuensi saya mendapatkan pilek turun dari 3-5x per tahun untuk 1x per tahun, dengan durasi dingin juga menurun dari 2-6 hari ke 1-2 hari.

Luar biasanya lagi, bahkan ada yang lebih. Sekitar 3 tahun yang lalu saya mendapatkan kecelakaan bersepeda yang fatal – mematahkan 7 tulang rusuk, tulang selangka dan tulang belikat dan salah satu paru-paru saya runtuh sebagian. Setelah beberapa bulan penyembuhan dan pemulihan yang cukup besar, bahu kanan saya merosot sedikit karena atrofi otot dan kurangnya dukungan tulang dari tulang rusuk, tulang selangka dan tulang belikat yang patah. Apa yang terjadi setelah berlatih RBA sangatlah mengagumkan. Saya benar-benar bisa merasakan pops dan klik di bahu saya dan daerah dada kanan saat latihan berjalan alami sebagai akibat otot yang mulai alami terlibat untuk mendukung bahu kendur saya.  Bahu kanan saya perlahan-lahan menjadi sembuh.

Beberapa bulan setelah mengikuti lokakarya RBA, saya berhenti berlatih yoga. Hal ini karena saya ingin menggunakan waktu luang saya yang terbatas untuk berlatih RBA semaksimal mungkin (hingga 90 menit per hari jika mungkin), karena saya melihat secara signifikan lebih banyak manfaat pada tubuh dan kesehatan saya dari RBA dibandingkan yoga.  Saya juga kaget menyadari betapa RBA sebenarnya melatih bahkan otot-otot perut, dada dan sampai ke seluruh lengan dengan cara paling seimbang dan alami. Dan saya bahkan memperoleh hasil yang semakin menakjubkan.  Tubuh saya menjadi lebih fleksibel dari pada hasil semua hasil latihan saya yang lainnya selama bertahun-tahun.  

Sekarang saya bisa merasakan banyak dari otot-otot tubuh bagian atas ini mulai terlibat ketika saya berjalan secara alami!  Kita tidak harus melakukan latihan  khusus dengan beban atau peralatan khusus.  Sebagian besar masalah tubuh - termasuk nyeri dari sendi di lutut, pinggul, punggung, bahu dan leher secara alami akan hilang. Bahkan rasa sakit di siku dan pergelangan tangan - carpal tunnel misalnya, dapat berkurang secara signifikan - ada banyak kasus orang dengan masalah yang mulai secara signifikan mengalami pengurangan atau bahkan terobati dengan berjalan alami. Pencernaan saya juga telah diperbaiki, dan setiap kali saya sakit perut, beberapa menit latihan berjalan alami biasanya dapat menghilangkannya. Latihan ini juga berdampak rendah - yang berarti kesempatan cedera adalah minimal, bahkan tidak ada jika dilakukan dengan benar. Hal ini dapat dilakukan oleh semua orang dari segala usia. Satu-satunya persyaratan adalah bahwa orang tersebut dapat berjalan baik sendiri atau dengan perangkat bantu (tongkat, walker, dll). Latihan ini tidak memerlukan pergi ke lokasi khusus, seperti gym, pusat kebugaran,jalur khusus, atau bahkan di luar ruangan. Hal ini dapat dilakukan di rumah anda masing-masing.  Latihan juga dapat dilakukan tanpa alas kaki (lebih alami), tidak memerlukan peralatan khusus, seperti pakaian fitness, sepatu atau peralatan khusus lainnya yang dapat berakhir biaya puluhan hingga ratusan dolar. Sederhana dan alami. Saya mendorong anda untuk mengalaminya sendiri dengan mengambil lokakarya satu hari yang menjelaskan pada anda sendiri cara berlatih secara teratur latihan ‘sempurna’ ini. Dan saya akan senang mendengar tentang manfaat kesehatan yang anda terima.